Pola Makan dengan Nutrisi Seimbang untuk Hidup Sehat

Posted By on Jan 14, 2013 | 0 comments


 

Mengatur pola makan dengan nutrisi seimbang merupakan salah satu kunci dari hidup sehat yang berkualitas dan didambakan selama ini. Mungkin kata-kata tersebut terdengar sangat mudah untuk dilakukan, namun pada kenyataanya tidaklah demikian. Karena pada faktanya banyak orang yang gagal untuk mengatur pola makannya. Pola makan yang kurang teratur serta asupan nutrisi yang tidak seimbang akan membawa dampak yang buruk bagi tubuh kita.

Untuk dapat mengatur pola makan yang baik sebaiknya sudah mulai kita kenalkan pada keluarga kita sejak awal. Dengan pengenalan sejak awal maka anggota keluarga akan mulai terbiasa dengan pola makan sehat tersebut, sehingga kemungkinan untuk makan makanan kurang sehat yang banyak ditawarkan di luar rumah bisa dihindari. Dengan semakin banyak menghindari makanan yang ditawarkan di luar rumah maka akan semakin besar pula kemungkinan makanan kurang sehat untuk dikonsumsi.

Olah Raga Dan Pola Makan Seimbang Sebagai Kunci Hidup Sehat

Jika kita menginginkan hidup yang sehat rasanya akan kurang lengkap jika kita hanya mengandalkan pada asupan makanan dengan gizi dan nutrisi yang mencukupi. Makan makanan dengan gizi yang seimbang memang baik untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh kita. Ada beberapa makanan yang harus kita atur seberapa banyak makanan tersebut boleh kita konsumsi dan berapa besar nutris yang diperlukan oleh tubuh.

Sebagai contoh, karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat memang sangat diperlukan oleh tubuh, namun karbohidrat yang berlebih akan menyebabkan penimbunan zat gula yang akhirnya akan diubah menjadi lemak yang tersimpan di bawah kulit. Hal inilah yang menjadikan tubuh seseorang menjadi kegemukan.

Selain karbohidrat tubuh juga membutuhkan protein. Protein juga merupakan salah satu nutrisi yang terpenting bagi tubuh. Protein berperan penting pada pembentukan dan pemeliharaan sel-sel yang ada dalam tubuh kita. Asupan protein yang baik akan sangat membantu kinerja tubuh kita untuk berperan dengan baik.

Selain karbohidrat dan protein mengatur pola makan dengan nutrisi seimbang dengan kandungan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh akan sangat berpengaruh besar pada kesehatan kita. Jika semua nutrisi tersebut dapat terpenuhi dengan seimbang maka fungsi tubuh yang lain juga akan berjalan dengan baik. Namun demikian kurang lengkap rasanya jika olahraga kita kesampingkan sementara kita selalu berfokus pada pemenuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Olahraga akan banyak membantu kinerja tubuh dari luar. Olahraga yang cukup akan memberikan manfaat yang luar biasa. Selain tubuh tetap sehat dengan olahraga kita juga bisa menghindari terjadinya obesitas karena penumpukan lemak yang ada dalam tubuh. Dengan olahraga yang cukup kita bisa membakar sisa timbuna lemak yang ada dalam tubuh.

Konsumsi Air Putih Bantu Atasi Berbagai Masalah Kesehatan Tubuh

Kita mungkin sudah tahu bahwa air adalah unsur yang paling mendominasi dari hampir setiap bagian tubuh kita. Seorang bayi rata-rata memiliki kandungan air sebesar 70 – 75% pada tubuhnya, sedangkan orang dewasa memiliki kandungan sekitar 50 – 65% dari keseluruhan tubuhnya. Maka tidak heran jika dikatakan bahwa air memiliki peranan yang sangat penting dalam proses metabolisme dalam tubuh. Air membantu dalam mengontrol keseimbangan suhu yang ada dalam tubuh kita. Kebutuhan air yang ada dalam tubuh kita dipengaruhi oleh tingkat usia dari seseorang. Pada umumnya seseorang yang berada pada kondisi normal akan memerlukan sekitar 8 gelas air minum perhari atau sekitar 2 liter air.

Setiap tingkatan usia akan membutuhkan tingkat konsumsi air yang berbeda-beda. Pada saat tubuh mengalami kondisi demam juga akan menjadikan kebutuhan konsumsi air tubuh berbeda dengan saat kondisi tubuh berada pada kondisi normal. Jika kebutuhan air tubuh dapat selalu terpenuhi dengan baik maka proses metabolisme yang terjadi pada tubuh akan dapat berjalan dengan baik. Karena itu tidaklah salah jika banyak orang yang menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi air dengan jumlah yang cukup akan membantu menjaga tubuh tetap sehat.

Dari kesemua hal tersebut merupakan sebuah kombinasi yang harus kita lakukan secara beriringan tanpa boleh ada yang terlewatkan. Jika kita meninggalkan salah satu dari pola atau rangkaian tersebut maka akan terjadi ketimpangan yang berakibat kurang baik atau mungkin terganggunya kesehatan tubuh kita.

Jika kita telah melakukan olahraga secara cukup dan konsumsi air harian telah terpenuhi pula dengan baik maka mengatur pola makan dengan nutrisi seimbang merupakan hal terakhir yang harus kita lakukan.

Submit a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com