Nyeri adalah rasa sakit yang terjadi sebelum melahirkan. Sebenarnya, nyeri persalinan bukanlah proses yang berkesinambungan. Gejala ini dimulai dengan sakit punggung ringan dan kemudian menjalar perlahan ke seluruh tubuh. Untuk itu, wanita harus bisa mendeteksi rasa sakit yang dirasakannya. Apakah itu tanda awal persalinan atau hanya keluhan umum semata. Berikut adalah tujuh tanda awal persalinan, seperti dilansir Boldsky.

1. Sakit punggung

Ini adalah gejala paling umum yang sering dirasakan sebelum persalinan. Maka dari itu, para wanita harus bisa membedakan antara sakit punggung normal atau tanda awal persalinan.

2. Kontraksi

Dinding rahim akan mengeras sebelum kelahiran. Kontraksi ini kadang tidak terasa menyakitkan dan kebanyakan wanita gagal untuk menyadarinya. Jadi, kenali dengan benar apa yang sedang Anda rasakan.

3. Keluar lendir dari vagina

Ada peningkatan debit lendir dari vagina. Lendir lambat laun perlahan laut menjadi air yang nantinya meledak ketika saatnya tiba.

4. Plek darah

Terlihat plek-plek darah di cairan vagina? Percayalah, jika Anda telah mengalaminya, lekas pergi ke rumah sakit. Ini menjadi salah satu tanda awal persalinan.

5. Hasrat ingin pipis

Keinginan Anda untuk buang air kecil tidak tertahankan? Sering buang air kecil adalah gejala yang dialami ibu hamil selama trimester ketiga masa kehamilan. Namun, kali ini berbeda. Anda akan merasakan dorongan hebat yang membuat Anda benar-benar ingin pipis. Hal tersebut dikarenakan bayi mulai mendorong ke bawah.

6. Gerakan bayi

Sesaat sebelum nyeri persalinan terasa, gerakan bayi akan melambat. Hal ini terjadi karena bayi sedang mengatur posisi kelahirannya.

7. Semburan air

Setelah merasakan kontraksi, vagina biasanya akan menyemburkan air. Bergegas ke rumah sakit untuk melakukan persalinan.

Ini adalah beberapa tanda awal persalinan, yang penting untuk Anda ketahui. Dengan demikian, proses persalinan pun akan semakin lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.