Bahaya nyeri haid berlebihan perlu diwaspadai oleh setiap wanita yang masih tergolong dalam usia subur karena dikhawatirkan rasa nyeri berlebihan tersebut berhubungan dengan penyakit tertentu, terutama penyakit yang berkaitan dengan organ reproduksinya.
Walaupun hampir semua wanita pernah dan sering mengalami nyeri haid dan itu adalah sesuatu yang normal, tetapi nyeri haid berlebihan atau yang sering kita kenal sebagai Dysmenorrhea merupakan sebuah kondisi yang tidak normal dan patut diwaspadai. Nyeri haid yang biasa dirasakan oleh kaum wanita umumnya berupa rasa sakit seperti kram atau seperti tertusuk pada perut bagian bawah yang kadang-kadang muncul dan kadang-kadang menghilang. Beberapa wanita juga mengalami rasa sakit dan pegal di punggung dan pinggang.

Banyak wanita mengalami nyeri haid yang cukup hebat sehingga terkadang menyebabkan kesulitan dalam melakukan tugas rumah tangga, tugas sekolah, pekerjaan kantor dan lain-lain selama beberapa hari selama mereka mengalami haid. Jika Anda merasa bahwa rasa nyeri yang Anda alami berlebihan, maka Anda perlu untuk waspada apakah nyeri haid yang berlebihan tersebut merupakan gejala dari adanya penyakit tertentu. Untuk itu konsultasi ke dokter merupakan cara paling aman untuk mengetahui kondisi Anda.

Penyebab Nyeri Haid Berlebihan

Dengan asumsi bahwa bahaya nyeri haid berlebihan perlu untuk kita waspadai, maka perlu juga bagi kita untuk mengetahui apa penyebab dari nyeri haid yang berlebihan tadi. Secara umum, penyebab nyeri haid dibedakan dalam 2 kelompok yaitu:

  1. Dysmenorrhea Utama
    Merupakan nyeri haid berlebihan yang dialami oleh remaja putri yang baru pertama kali mendapat haidnya. Rasa nyeri berlebihan di sini umumnya tidak disebabkan oleh adanya suatu penyakit yang berkaitan dengan organ reproduksi atau masalah pada rahim tetapi karena meningkatnya aktivitas hormon prostaglandin.
  2. Dysmenorrhea Sekunder
    Merupakan nyeri haid berlebihan yang dialami oleh wanita pada umumnya sebagai akibat dari adanya masalah yang menyangkut fungsi rahim maupun organ reproduksi yang lain.

Di sinilah bahaya Nyeri Haid Berlebihan perlu diwaspadai dan perlu mendapat perhatian khusus.

Berikut beberapa hal yang mungkin menyebabkan terjadinya nyeri haid berlebihan pada wanita:

  • Penyakit endometriosis
  • Pemakaian spiral atau IUD (Intrauterine Device) yang terbuat dari tembaga
  • Infeksi karena penularan penyakit karena aktivitas seksual
  • Stress

Karena bahaya nyeri haid berlebihan bisa mengarah kepada masalah yang lebih serius seperti endometriosis, kanker atau kelainan pada organ reproduksi, memeriksakan diri secara rutin perlu untuk Anda lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi wanita yang sudah pernah melahirkan, sebaiknya melakukan tes papsmear untuk berjaga-jaga terhadap penyakit yang tidak diinginkan. Periksa ke dokter perlu segera Anda lakukan terutama jika bahaya nyeri haid berlebihan yang muncul seperti meningkatnya jumlah cairan yang keluar dari vagina dan bau yang makin menyengat, Anda mengalami demam dan rasa sakit pada bagian panggul, atau mengalami rasa nyeri dan sakit yang tiba-tiba dan berlebihan terutama jika Anda terlambat haid lebih dari 1 minggu dan Anda adalah wanita yang aktif secara seksual. Jadi untuk menghindari bahaya nyeri haid berlebihan, selain waspada, memeriksakan diri ke dokter adalah hal yang utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.