Sudah tidak asing lagi nama buah pepaya di telinga. Ya, siapa yang tidak kenal dengan buah pepaya? Buah yang mempunyai segudang manfaat. Bisa dimakan tanpa di olah (hanya untuk buah pepaya yang sudah matang), bisa di buat menjadi  jus, puding, dan diolah menjadi menu masakan lainnya. Selain itu, buah pepaya sangat mudah untuk di dapatkan dan harganya juga sangat terjangkau.

Buah pepaya tumbuh di pohon yang benar-benar herbal. Kenapa? karena dari ujung akar sampai dengan ujung daun bisa di manfaatkan menjadi obat.  Buah pepaya adalah buah asli bagian tropis Amerika. Nama ilmiahnya adalah carica papaya. Pepaya awalnya di tanam di Meksiko beberapa abad sebelum munculnya budaya Mesoamerika klasik. Ada dua jenis varietas dari buah pepaya yang di sukai oleh orang-orang, yaitu pepaya hawai dan pepaya meksiko. Buah pepaya memiliki rasa persis dengan buah persik dan juga melon.

Buah pepaya sangat kaya nutrisi dan mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, serta potasium, folat, serat, kalsium, besi, tiamin, riboflavin, niasin, lutein, lycopene, zeaxhatin dan enzim pencernaan. Manfaat utama dari buah pepaya yaitu untuk membantu melancarkan pencernaan. Lalu apa bisa pepaya digunakan untuk menurunkan berat badan? Ya, dengan memakan buah pepaya maka pencernaan akan menjadi lancar, dan segala sisa makanan yang tertumpuk di saluran pencernaan menjadi mudah untuk dibuang. Karena jika sisa dari makanan itu masih menumpuk, maka perut akan terlihat buncit. Hal itulah yang membuat seseorang akan terlihat lebih gemuk. Selain itu, bisa terhindar dari beberapa penyakit, salah satunya yaitu sembelit. Sangat bermanfaat bukan? Hanya dengan buah pepaya saja, seseorang bisa sehat dan juga terlihat ramping.

Buah pepaya matang yang akan digunakan sebagai menu diet, tidak hanya bisa dimakan begitu saja.  Banyak menu olahan yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan utama pepaya. Berikut resep untuk membuat jus pepaya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Buah pepaya
  • Yoghurt
  • Madu
  • Es batu

Cara membuat :

  • Kupas buah pepaya, kemudian cuci menggunakan air matang. Setelah itu, potong kecil-kecil.
  • Masukkan potongan pepaya tersebut ke dalam blender, kemudian tambahkan yoghurt. Tunggu hingga semua menjadi halus.
  • Setelah itu, masukkan madu secukupnya dan mulai mencampurnya dengan blender.
  • Setelah selesai, tuang ke dalam gelas dan beri es batu secukupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.