Jakarta, Banyak orang beranggapan bahwa makan cokelat dapat membuat gemuk dan menyebabkan batuk. Tetapi cokelat hitam ternyata memiliki manfaat sebaliknya yaitu mampu meredakan batuk kronis karena kandungan theobromine-nya.

Sebuah penelitian di Inggris bulan Desember 2012 lalu yang melibatkan 300 pasien di 13 rumah sakit, membuktikan bahwa theobromine, kandungan yang ada pada cokelat hitam berhasil meredakan batuk kronis. Jumlah dosis theobromine yang diberikan oleh para peneliti adalah sebanyak 1000 mg setiap 2 kali sehari selama 2 minggu masa studi.

Sepotong cokelat hitam yang murni biasanya mengandung sekitar 450 mg theobromine. Sehingga pasien membutuhkan sekitar 2/3 potong dari keseluruhan porsi cokelat hitam untuk menyediakan jumlah theobromine yang diperlukan, seperti dilansir naturalnews, Jumat (18/1/2013).

Sayangnya, gejala batuk kembali datang pada beberapa pasien setelah pemberian dosis theobromine dihentikan. Tapi studi lain di London, Inggris juga telah menetapkan bahwa cokelat hitam mampu meredakan batuk kronis.

Kebanyakan orang berpikir bahwa cokelat lebih banyak merugikan kesehatan seperti menyebabkan kegemukan atau batuk dibanding manfaatnya bagi kesehatan. Cokelat yang buruk abgi kesehatan adalah jenis cokelat yang lebih banyak mengandung gula dan susu.

Cokelat hitam umumnya memiliki rasa yang sedikit pahit jika dibandingkan dengan kebanyakan cokelat manis yang banyak ditemukan di supermarket. Jenis cokelat yang sehat harus mengandung setidaknya 70 persen kakao atau Anda dapat mendapatkan manfaat yang paling besar dari cokelat mentah.

Semakin tinggi tingkat kakao semakin baik untuk kesehatan karena biji kakao mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Tingkat antioksidan yang ditawarkan oleh cokelat hitam yang murni bahkan lebih besar dari buah beri dan kismis.

Cokelat hitam juga mengandung magnesium, mineral utama yang diperlukan untuk kelancaran lebih dari 300 fungsi metabolisme dalam tubuh. Selain itu, kandungan sulfur yang tinggi pada cokelat hitam membantu membangun jaringan tubuh dan melindungi hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.