Diet-Sehat-Alami

DIET mempunyai peranan yang sangat penting sekali untuk penanganan penyakit Diabetes Melitus. Mereka yang mempunyai penyakit Diabetes Melitus harus mengetahui jenis makanan mana yang bisa di makan dan jenis makanan mana yang harus dihindari.
Cara terbaik alami untuk mengobati penyakit Diabetes Melitus adalah dengan cara mengendalikan berat badan. Latihan olahraga dapat juga dijadikan pilihan untuk menangani penyakit Diabetes Melitus karena dapat membuat organ pankreas mengeluarkan insulin sehingga dapat menurunkan gula darah.

Berikut ini beberapa jenis nutrisi yang baik dikonsumsi untuk penderita Diabetes Melitus :

  1. Minum air putih dalam jumlah 8 gelas sehari
  2. Lakukan diet alkali seperti mengkonsumsi gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, dan beberapa produk susu yang khusus untuk penderita Diabetes Melitus. Menurut beberapa penelitian kandungan glukosa pada sayuran yang sudah matang lebih tinggi daripada sayuran mentah. Semakin banyak  jenis sayuran  yang dikonsumsi dapat membantu pankreas bekerja dengan baik.
  3. Konsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan potasium seperti, pisang, melon, kacang-kacangan, apel, tomat, dan hindari mengkonsumsi potasium dalam bentuk suplemen.
  4. Konsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi, karena makanan dengan kandungan serat yang tinggi membutuhkan insulin yang rendah di dalam tubuh, sehingga secara perlahan gula darah pada penderita diabetes akan mengalami penurunan. Kandungan chromium di dalam serat sangat baik untuk penderita Diabetes Melitus.
  5. Konsumsi makanan yang mengandung serat yang larut seperti ( kulit gandum, roti gandum, biji-bijian, kacang-kacangan).

Di bawah ini tumbuh-tumbuhan dan sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita Diabetes Melitus  :

  1. Labu pahit atau pare, di buat dalam bentuk jus dan sangat baik diminum dalam keadaan perut kosong, pare dapat dibuat dalam bentuk bubuk dan di minum saat perut dalam keadaan kosong atau dapat di masak dan di makan.
  2. Setengan sendok teh bubuk kayu manis dapat membantu mencegah terjadinya penyakit Diabetes Melitus atau bisa juga dengan cara kayu manis di rendam dalam air teh tawar.
  3. Mengkonsumsi buah anggur dapat membantu menurunkan gula darah.

Beberapa vitamin yang baik dikonsumsi untuk penderita Diabetes Melitus:

  1. Magnesium dapat meningkatkan sensitivitas insulin.
  2. Vitamin C, vitamin E dan vitamin A sangat baik dikonsumsi untuk penderita Diabetes Melitus.
  3. Vitamin B sangat baik dikonsumsi tetapi hindari untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang besar karena dapat mengganggu penyerapan insulin oleh sel.

Penderita Diabetes Melitus harus mengubah gaya hidupnya dengan cara mengikuti aturan diet yang sesuai dengan standar gizi ataupun dengan cara olahraga. Sangat perlu untuk diketahui bahwa setiap individu pada penderita Diabetes Melitus, mempunyai kebutuhan diet yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.