Pernah melihat perempuan dengan berbagai warna mata yang sangat mencolok? Ada warna abu, hijau, biru, bahkan merah! Lensa mata menjadi salah satu daya pikat dari wajah yang fashionable. Lensa mata menjadi salah satu tren yang menjangkiti hampir semua kalangan bukan hanya kaum muda bahkan yang tua pun tidak mau kalah bergaya. Lensa mata bisa menjadi bagian dari gaya yang modern tapi juga menjadi salah satu cara merusak mata Anda. Anda percaya dengan ini?

Saat ini penggunaan lensa kontak sudah menjadi hal yang umum untuk menggantikan kacamata. Namun demikian, jika tidak digunakan dengan cara yang benar, lensa justru bisa memberikan masalah pada mata. Berikut ini adalah efek samping dan bahaya lensa kontak pada mata.

Mata merupakan organ tubuh yang sangat sensitif.  Jika Anda tidak menjaga kebersihan lensa kontak dengan benar, lensa kontak yang kurang bersih dapat menyebabkan infeksi pada mata. Untuk menjaga kebersihan lensa kontak, bersihkan lensa menggunakan air yang steril, atau disinfeksi lensa kontak sesuai ketentuan perawatannya. Anda juga sebaiknya mencuci tangan dengan air hangat dan sabun dan mengeringkannya dengan handuk bersih sebelum memegang lensa kontak, agar kotoran yang mungkin menempel tangan Anda tidak menempel pada lensa. Ganti lensa kontak Anda setiap enam bulan sekali.

Efek samping dan bahaya lensa kontak pada mata lainnya adalah iritasi atau infeksi mata, walaupun Anda sudah menjaga kebersihan lensa kontak. Gejala yang muncul adalah mata yang merah dan terasa seperti terbakar. Hal ini bisa terjadi ketika Anda mengenakan lensa kontak dan mengatur letaknya. Salah satu penyebab infeksi adalah debu, dan akibat peradangan dapat timbul benjolan pada kelopak mata. Infeksi juga dapat disebabkan cairan intraocular dari lensa yang terkumpul pada retina, yang tidak bisa keluar karena terhalang lensa kontak. Jika Anda mengalami iritasi atau infeksi mata saat mengenakan lensa kontak, lepaskan lensa kontak dan hentikan penggunaan sampai Anda berkonsultasi dengan dokter mata.

Mata kering dan gatal juga merupakan efek samping dan bahaya lensa kontak pada mata yang sering dialami oleh para pengguna lensa kontak. Hal ini diakibatkan penguapan air mata atau kelenjar air mata yang kering. Selain itu, beberapa orang memiliki alergi terhadap lensa kontak, namun yang bersangkutan kerap tidak menyadarinya. Hal ini sering baru disadari saat lensa kontak dipasang, dan mata menjadi merah. Mengenakan lensa kontak juga dapat menyebabkan mata menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Maka, berhati-hatilah menggunakan lensa mata agar tidak merusak mata. Penggunaan yang tepat bukan hanya membuat gaya tapi membuat mata Anda tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.