Jakarta, Menurunkan berat badan bisa dicapai dengan melakukan olahraga yang rutin. Selain itu, penting juga untuk mengatur makanan apa saja yang bisa membantu pembakaran lemak secara alami dari dalam tubuh.

“Metabolisme adalah proses mengubah makanan menjadi energi. Proses yang lambat berarti kalori lebih mungkin untuk diubah menjadi lemak. Olahraga merupakan hal yang utama, begitu juga mengontrol asupan makanan. Makanan bisa bertindak sebagai pendorong metabolisme yang juga penting,” ujar dr Carrie Ruxton, seorang ahli diet, seperti dikutip dari Times of India, Selasa (7/5/2013).

Berikut adalah 7 makanan yang bisa membantu proses metabolisme alami dari dalam tubuh:

1. Apel
Buah ini kaya akan nutrisi dan mengandung cukup serat untuk menjaga pencernaan tetap sehat. Makanlah sebuah apel 20 menit sebelum makan dan kebiasaan ini akan membuat tubuh menyerap kalori lebih rendah dari makanan utama Anda.

2. Kalkun
Makanan ini dianggap sebagai alternatif yang baik pengganti ayam karena kandungan kalorinya rendah, namun justru tinggi protein dan nutrisi. Dikatakan bahwa 5 ons kalkun hanya mengandung 175 kalori dan 10 gram lemak.

3. Brokoli
Menambahkan brokoli pada menu makanan Anda sehari-hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan, sebab brokoli termasuk makanan rendah kalori. Sekitar 1 mangkuk kecil brokoli kukus memberikan 2 kali jumlah vitamin C dan K yang Anda butuhkan dalam 1 hari. Brokoli juga merupakan sumber vitamin B6, vitamin B2, fosfor, magnesium, protein, dan asam lemak omega-3 yang sangat baik.

4. Kacang almond
Kacang almond dapat mempercepat metabolisme alami di dalam tubuh. Makanan ini juga mampu mengurangi kolesterol dan menurunkan gula darah.

5. Paprika
Paprika sangat baik untuk menurunkan berat badan. Paprika dapat menjadi menu tambahan dalam makanan tanpa menambahkan kalori di dalamnya. Paprika juga mengandung capsaicin yang berfungsi sebagai pembakar lemak alami.

6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan kacang merah memiliki nutrisi penting seperti zat besi, kelompok vitamin B dan serat. Kacang-kacangan membantu mempertahankan gerakan usus secara teratur karena tekstur seratnya bergerak melalui sistem pencernaan dengan cepat.

7. Teh hijau
Teh hijau mengandung Epigallocatechin gallate (EGCG) di dalamnya. Zat ini membantu meningkatkan fungsi sistem saraf yang nantinya juga bisa meningkatkan metabolisme. Selain itu, teh hijau juga merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published.