Jakarta, Aktris cantik Angelina Jolie merelakan kedua payudaranya diangkat lantaran dirinya berisiko terkena kanker payudara. Risiko itu diketahui didapat dari riwayat kanker yang dialami sang ibunda. Nah, agar jauh dari kanker payudara, jangan abaikan nutrisi-nutrisi tertentu.
Nutrisi tertentu itu bisa didapat dengan mudah. Dengan mengasup nutrisi penting ini, risiko kanker bisa dikurangi. Sebab kanker tidak hanya didapat seseorang dari genetis, tetapi juga dari gaya hidup yang tidak sehat.
Nah, berikut ini 9 nutrisi yang bisa selalu Anda konsumsi sebagai bagian dari upaya menjaga gaya hidup sehat, seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (17/5/2013):
1. Brokoli
Superfood hijau yang satu ini sangat sehat untuk perempuan. Kandungan sulforaphane mampu mencegah pertumbuhan sek lanker payudara.
2. Buah Delima
Si merah buah delima tidak hanya mencegah tetapi juga membantu melawan kanker payudara. Untuk melindungi diri atau melawan kanker payudara, Anda perlu memasukkan buah ini dalam daftar diet. Sebab delima mengandung polifenol yang memiliki sifat melawan kanker payudara.
3. Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kaya akan folat, vitamin B dan serat yang mengurangi produksi estrogen berlebih, serta mengurangi sel-sel kanker payudara. Jika Anda terkadang minum alkohol, pastikan juga makan makanan sehat karena mampu mengurangi efek karsinogenik dari alkohol.
4. Biji-bijian
Biji-bijian kaya akan serat, antioksidan dan vitamin. Untuk mencegah dan memerangi kanker payudara, jangan lupa untuk mengasup makanan ini. Serat dalam biji-bijian mencegah estrogen kembali diserap dalam aliran darah.
5. Salmon
Ikan yang satu ini merupakan jenis ikan yang sehat dan memiliki kemampuan memerangi sel kanker yang jahat. Asam lemak omega-3 dalam salmon mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara.
6. Jamur
Jamur cremini, tiram dan jamur shiitake mengandung antioksidan L-ergothioneine yang menurunkan pembentukan sel kanker payudara. Selain itu jamur ini juga mampu melindungi tubuh dari terbentuknya sel kanker jahat.
7. Toge
Kecambah memiliki senyawa peremajaan sel yang berguna sebagai pelindung tubuh dari stroke, serangan jantung dan kanker. Antiooksidan sulforaphane diyakini memiliki kemampuan menghancurkan sel kanker.
8. Lentil
Lentil dan kacang-kacangan telah dikenal mampu mengurangi sel-sel kanker payudara. Hal ini karena lentil dan kacang-kacangan kaya akan folat, serat dan nutrisi penting yang dibutuhkan dalam diet perempuan.
9. Produk Susu
Aneka produk susu sangat penting dalam diet seorang perempuan. Sebab susu kaya akan kalsium, zat besi dan nutrisi penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, produk susu memiliki sifat melawan kanker payudara yang mampu mengurangi risiko kanker payudara hingga hampir 19 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.