Anda memiliki warna gigi yang kurang menarik atau terlihat kekuningan? Anda pasti terganggu dengan kondisi tersebut. Masalah gigi kuning memang mengganggu penampilan seseorang, apalagi jika tingkatnya sudah sangat parah, yakni karena antibiotik.

Gigi kuning karena antibiotik membutuhkan penanganan yang lebih serius, untuk itu, Anda harus memahami tips memutihkan gigi kuning karena antibiotik. Saat ini banyak beredar produk-produk yang dapat anda gunakan untuk memutihkan gigi kuning, mulai dari pasta gigi, permen, hingga obat kumur yang mengaku mampu membuat gigi putih cemerlang dalam sekejab. Namun, apakah hal itu benar ? Hanya Anda yang bisa membuktikannya sendiri.

Sebelum Anda mengetahui tips memutihkan gigi kuning karena antibiotik, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebab gigi kuning yang dipengaruhi oleh dua hal, yaitu masalah dari luar permukaan gigi (ekstrinsik), dan masalah yang berasal dari dalam gigi (intrinsik). Jika masalah gigi karena faktor ekstrinsik, biasanya disebabkan karena :  bakteri kromogenik, seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung zat pewarna, makanan berminyak, minuman bercafein (kopi, teh, soda), konsumsi antibiotik dan suplemen dengan zat besi tinggi. Sedangkan masalah gigi kuning karena faktor intrinsik biasanya disebabkan karena adanya penyakit hepar, kelainan darah, kelainan email gigi dan mengonsumsi antibiotik.

Setelah mengetahui penyebab gigi kuning, kini saatnya Anda mengetahui tips memutihkan gigi kuning karena antibiotik. Mungkin mudah untuk memutihkan gigi kuning dengan tingkatan yang tidak terlalu parah, yakni dengan sikat gigi, obat kumur, atau menggunakan bahan-bahan alami. Namun, hal itu berbeda jika gigi Anda kuning akibat mengonsumsi antibiotik, karena efek yang ditimbulkan memang tergolong sangat parah dan butuh perawatan ekstra. Meskipun saat ini ada cara pemutihan dengan cara bleaching, namun tingkat keberhasilannya juga masih belum bisa dibuktikan karena bisa jadi penggunaannya tidak tepat sehingga gigi kuning Anda akan kembali.  Untuk itu, jika Anda ingin mencoba melakukan bleaching sendiri, ada baiknya jika Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan.

Jika cara bleaching tidak juga menunjukkan keberhasilan, Anda bisa konsultasi ke dokter gigi.  Biasanya dokter akan merekomendasikan cara lain, yakni dilakukan Pelapisan mahkota gigi (veneering) dengan bahan plastik (resin akrilik) atau porselen. Jika cara tersebut tidak berhasil,  maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan membuat mahkota tiruan dari plastic (resin akrilik) atau porselen. Jika usaha-usaha secara medis sudah dilakukan, namun hasil yang didapatkan tak juga dapat memuaskan dahaga Anda, maka saatnya Anda beralih ke cara memutihkan gigi secara alami berikut ini :

  • Makan buah-buahan yag terbukti mampu memutihkan gigi, misalnya buah Jeruk, Nanas dan stroberry
  • Makan sayuran
  • Banyak mengkonsumsi keju
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung Baking soda
  • Banyak minum air putih

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published.