Jakarta, Risiko seseorang untuk tertular virus flu semakin meningkat ketika musim hujan tiba, apalagi jika Anda harus berhadapan dengan banyak orang setiap hari di tempat kerja, yang mungkin salah satu diantaranya terinfeksi virus flu. Anda harus mengambil langkah pencegahan agar tidak tertular flu di lingkungan kerja.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa sekitar 84 persen karyawan tetap pergi bekerja meskipun dirinya sedang dalam keadaan flu. Sayangnya hampir setengah dari jumlah tersebut tidak memperingatkan rekan kerjanya yang lain tentang penyakitnya.

Hal ini tentu dapat meningkatkan kemungkinan seseorang tertular flu dari rekan kerjanya. Sehingga penting bagi Anda untuk melakukan pencegahan terhadap flu, karena gejala flu seperti pilek, batuk, dan demam benar-benar dapat mengganggu hari-hari produktif Anda di kantor.

Seperti dikutip dari mnn, Kamis (17/1/2013) para ahli menyarankan kepada para pekerja untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap flu, dengan cara sebagai berikut:

 1. Mewaspadai barang-barang kantor yang digunakan untuk umum
Kran wastafel, gagang pintu kamar mandi, kulkas, mesin fotocopy, dan keyboard adalah barang-barang di kantor yang paling banyak dihuni oleh kuman. Selain itu, barang-barang yang dipakai bergantian lebih mungkin menjadi media penularan virus dan kuman penyakit, termasuk flu.

Anda perlu membersihkan barang-barang di meja Anda dengan disinfektan setiap hari, serta mencuci tangan setelah menyentuh barang-barang yang digunakan untuk umum agar terhindar dari flu.

2. Cuci tangan
Jangan lupa untuk selalu cuci tangan setiap kali makan, setelah membaca koran di ruang istirahat dan setelah menghadiri rapat dimana Anda akan berjabat tangan dengan banyak orang. Tangan harus dicuci dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.

3. Tetap terhidrasi
Dehidrasi yang dikombinasikan dengan stres dan kurangnya waktu istirahat dapat menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda akan lebih mudah tertular flu. Minumlah lebih banyak air dan sediakan botol minum di atas meja kerja agar Anda lebih mudah menjangkaunya ketika merasa haus.

4. Minum vitamin
Ketika rekan kerja Anda mulai mengembangkan flu, segeralah mengambil suplemen vitamin C atau seng untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkis virus flu.

5. Jangan menyentuh wajah
Seorang karyawan harus membatasi diri agar tidak menyentuh wajah selama bekerja. Menyentuh mata, hidung dan mulut dapat mempermudah akses kuman untuk masuk ke dalam tubuh dan menyerang sistem kekebalan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.