Banyak calon ibu yang sedang mengandung tidak mengerti benar apa sebenarnya senam hamil itu, serta manfaat apa yang didapatkan dari melakukan senam hamil. Senam hamil adalah melakukan gerakan-gerakan yang khusus yang ditujukan untuk ibu yang sedang hamil dan aman untuk janin, senam ini secara umum bertujuan untuk mempersiapkan ibu baik secara fisik maupun mental dalam menghadapi masa persalinan.

Manfaat Senam Hamil Selama Masa Kehamilan

Karena besarnya manfaat dari mengikuti senam hamil ini, maka tidak heran banyak rumah sakit dan klinik bersalin yang menawarkan program senam hamil bagi ibu-ibu yang sedang mengandung. Sebenarnya manfaat apa yang didapat ibu hamil saat mengikuti program senam untuk ibu hamil ini? Pada garis besarnya ada dua manfaat yang akan dirasakan ibu hamil, yaitu manfaat pada masa kehamilan, dan kedua manfaat saat persalinan nanti.

Berikut manfaat dari senam hamil pada masa kehamilan:

  • Mengurangi keluhan-keluhan fisik saat kehamilan
    Perubahan-perubahan fisik yang terjadi saat masa kehamilan seiring bertambahnya usia janin, seperti perut yang semakin membesar secara langsung akan memberi beban kepada tubuh sebagai penopangnya, sehingga tak jarang ibu hamil merasakan sakit pada pinggang, sakit pada punggung, bengkak pada bagian kaki, munculnya varises, dan merasakan kelelahan yang berlebihan. Semua keluhan tersebut dapat diatasi dengan melakukan senam hamil secara rutin.
  • Memperkuat keelastisan otot perut
    Saat janin makin membesar, diikuti pula membesarnya perut, kurangnya keelastisan otot-otot seputar bagian perut sering menimbulkan nyeri pada bagian bokong, daerah perut bagian bawah, sampai susah buang air besar yang bisa berdampak pada munculnya wasir. Senam yang dilakukan saat hamil dapat membantu ibu hamil untuk memperkuat keelastisan otot-otot di seputar perut.

Manfaat Senam Hamil Saat Persalinan

Nah, apa pula dampak baiknya senam hamil ini saat masa persalinan kelak? Selain bertujuan mengurangi keluhan-keluhan dan nyeri selama masa kehamilan, ternyata senam hamil ini sangat memberikan manfaat saat masa-masa persalinan. Apa saja manfaatnya?

Berikut manfaat melakukan senam hamil pada masa persalinan:

  • Memberikan latihan tentang penguasaan teknik pernafasan yang baik dan benar saat persalinan.
    Teknik ini sangat berguna ketika sang ibu menghadapi momen persalinan yang memerlukan oksigen untuk memperlancar proses persalinannya, semakin baik teknik pernafasannya, semakin cepat pula proses persalinannya.
  • Mempermudah proses persalinan.
    Gerakan-gerakan pada senam hamil juga bertujuan untuk melatih otot-otot tubuh untuk memudahkan proses persalinan kelak. Sehingga diharapkan tidak mengalami kesulitan saat melahirkan.
  • Memberikan latihan relaksasi.
    Tidak hanya manfaat secara fisik, tetapi juga mental, di sinilah pentingnya latihan relaksasi agar calon ibu tidak tegang dalam menghadapi masa-masa persalinan.

Begitu besarnya manfaat senam hamil ini, sehingga tidak ada salahnya anda segera mengikuti program senam hamil ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.