Mengenal gejala radang usus buntu termasuk bagian yang harus diperhatikan sejak awal sebelum memastikan jenis penyakit apa yang sedang dialami penderita. Adapun penyakit radang usus buntu dapat dialami beragam usia. Usia tersebut, mulai dari usia anak hingga orang dewasa bahkan orang tua sekalipun. Karena itu, semua usia mewaspadai penyakit radang usus buntu.

Organ Usus Buntu

Usus buntu termasuk usus yang menggantung atau buntu. Usus tersebut tidak tersambung dengan bagian lain. Usus buntu termasuk organ dalam tubuh sebesar jari dengan panjang beberapa cm, letaknya pun juga menempel pada sekum yang termasuk bagian pertama usus besar. Bentuknya seperti kantung buntu.

Usus buntu memiliki peran penting bagi tubuh manusia. Peran penting tersebut yaitu sebagai rumah dari bakteri yang dapat menghasilkan antibiotik alami. Artinya, jika bakteri baik ini terjaga didalam tubuh maka kekebalan tubuh juga akan terjaga dengan baik. Dinding usus buntu berisi jaringan limfatik. Jaringan tersebut merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang membuat antibodi.

Namun demikian, kekebalan tubuh dapat terjaga dengan baik jika pola hidup maupun pola makan setiap orang terjaga. Maksudnya adalah pola hidup sehat mengarah pada aktivitas tubuh dan pola makan sehat mengarah pada asupan nutrisi yang mengandung bahan makanan maupun minuman sesuai kebutuhan tubuh. Utamanya makanan dan minuman bergizi dan sehat. Hal itulah yang mendukung peran usus buntu berjalan semestinya.

Jika mengenal gejala radang usus buntu dilakukan lebih awal, maka hal tersebut memberikan pengaruh baik pada tubuh. Kesehatan usus buntu dan organ lain dalam tubuh manusia juga akan terjaga kesehatannya. Alasannya yaitu kesehatan satu organ di dalam tubuh akan mampu mempengaruhi kesehatan organ lainnya. Begitupula untuk jenis gejala penyakit lainnya yang harus diwaspadai sejak awal.

Gejala Dan Upaya Menghindari Radang Usus Buntu

Berikut ini merupakan gejala penyakit radang usus buntu yakni.

  • Gejala utama radang usus buntu yaitu sakit di bagian perut. Lokasi nyeri yang muncul mungkin akan beragam pada segala usia. Misalnya pada anak ataupun ibu hamil, sakit nyeri muncul mungkin berada di tempat berbeda.
  • Gejala lainnya yakni sebagai berikut, mual, muntah, diare, perut tampak membengkak, selera makan berkurang, demam, sembelit, serta sulit buang angin.

Selanjutnya, apa saja upaya untuk menghindari penyakit radang usus buntu penting untuk diketahui dari semula. Berikut upaya untuk menghindari radang usus buntu.

  • Makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk kebutuhan tubuh, hendaknya terjaga dari pencemaran. Kebersihannya harus dijaga. Selain itu, menghindari jenis makanan dan minuman berbahaya untuk perut, lambung maupun usus, misalnya pedas, asam seperti cuka, berlemak.
  • Teratur untuk melakukan olahraga. Tidak harus olahraga berat, tapi olahraga yang ringan, mudah dan dapat dilakukan secara rutin, baik olahraga untuk anak ataupun orang dewasa bahkan orang tua sekalipun.
  • Rajin melakukan konsultasi dan pemeriksaan kondisi organ dalam maupun luar tubuh. Jangan lupa kepada yang ahli agar saran dapat dipercaya dan tidak ada pengaruh negatif bagi bagian organ tubuh lainnya.

Semoga uraian ini bermanfaat agar anda dapat mengenal gejala radang usus buntu dan menjadikan kita rajin hidup sehat dan teratur. Selamat hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.