Sebelum kita membahas tentang olahraga dapat mencegah penyakit pikun, ada baiknya jika kita mengetahui tentang penyakit Pikun dan Alzheimer. Keduanya merupakan penyakit yang sangat ditakuti semua orang karena menyebabkan seseorang kehilangan akal dan pikiran. Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan kesehatan jaringan otak mengalami penurunan. Hal inilah yang memicu menurunnya daya ingat dan kemampuan mental. Alzheimer biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik dan factor lain, diantaranya : nutrisi, pendidikan, diabetes dan aktivitas mental serta fisik.

Sedangkan pikun merupakan gejala umum dari demensia. Penderita demensia ini biasanya tidak bisa berpikir dengan baik sehingga mengakibatkan mereka tidak mampu beraktivitas dengan baik. Karena itu, lambat laun mereka akan kehilangan kemampuan otak untuk menyelesaikan permasalahan dan perlahan menjadi emosional. Penyebab penyakit demensia ini adalah : alkoholisme, pengerasan pembuluh darah, depresi, obat-obatan, stroke, masalah dengan kelenjar tiroid, mal nutrisi, dan lain-lain.

Setelah mengetahui efek dari kedua penyakit ini, tentunya kita akan berusaha melakukan upaya pencegahan sedini mungkin karena penyakit ini tidak bisa diobati, namun kita bisa mencegahnya dengan cara sebagai berikut :

  1. Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan karena dapat mecegah penyakit pikun dan Alzheimer. Beberapa sumber makanan yang mengandung antioksidan misalnya : delima, kacang-kacangan, teh hijau, kentang, blubbery, brokoli, sayuran hijau, dan lain-lain.
  2. Tingkatkan olahraga karena kegiatan olahraga dapat merangsang produksi kolesterol baik dan berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah kerusakan pada system syaraf otak.
  3. Merangsang pertumbuhan otak, caranya dengan banyak membaca karena hal ini dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak.
  4. Batasi konsumsi makanan yang manis karena selain menimbulkan masalah kegemukan, makanan manis juga dapat memicu kerusakan otak.
  5. Waspada dengan gejala pikun yang Anda alami, segera konsultasi ke dokter apabila terjadi hal-hal yang mencurigakan.

Setelah membaca artikel di atas, kita bisa mengetahui bahwa olahraga dapat mencegah penyakit pikun. Jika demikian, Anda pasti penasaran, olahraga apakah yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut. Nah, jawabannya adalah jalan kaki.

Jalan kaki secara rutin dipercaya sebagai olahraga dapat mencegah penyakit pikun karena banyak dampak positif yang ditimbulkan, diantaranya mencegah penyusutan volume otak dan melawan penyakit pikun dan Alzheimer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.