Perlu diketahui pertumbuhan abnormal sel leher rahim dipicu oleh infeksi HPV genital, terutama tipe 16 atau 18 yang tertular lewat hubungan seksual, dan akhirnya  berkembang menjadi kanker. Penyebab lainnya dari penyakit ini adalah sel-sel yang terpapar radiasi atau tercemari oleh bahan kimia dan mengakibatkan pertumbuhannya menjadi abnormal.

Pengaruh Pembalut Wanita terhadap Kanker Serviks: Langsung atau Tidak?

Di sinilah pengaruh pembalut wanita terhadap kanker serviks terjadi, meskipun tidak secara langsung dan bukan merupakan faktor tunggal penyebab terjadinya penyakit. Beberapa pembalut wanita mengandung zat pemutih dan juga dioksin yang bersifat karsinogenik. Efek dioksin yang terpapar pada sel-sel dan kelenjar dalam tubuh adalah mengacaukan system porduksi hormon yang pada jangka panjang mengacaukan pertumbuhan sel.

Antisipasi Pengaruh Pembalut Wanita terhadap Kanker Serviks

Solusi untuk hal ini adalah dengan menjadi konsumen yang lebih peka dan menggunakan pembalut atau pantyliner dari bahan herbal ataupun bahan yang bebas plastik, pemutih, dan dioksin. Cek dengan cermat komposisi pembalut yang tertera pada kemasan sebelum membeli. Membatasi penggunaan pembalut juga menjadi salah satu solusi. Pada saat menstruasi, usahakan mengganti pembalut 3-4 kali sehari, atau setiap 4 jam sekali. Hal ini untuk mencegah bakteri berkembang dalam darah menstruasi, juga untuk mencegah partikel-partikel pembalut yang berbentuk bubuk masuk ke daerah leher rahim. Jika Anda mengesampingkan faktor praktis, Anda dapat beralih dari pembalut plastik ke pembalut yang terbuat dari katun dan dapat dicuci serta dipakai beberapa kali.

Sel-sel leher rahim dapat berkembang menjadi kanker karena dipicu oleh berbagai faktor yang berkesinambungan ketimbang dipicu oleh faktor tunggal. Yang perlu diantisipasi adalah pola penggunaan pembalut pada saat menstruasi, konsisten menjaga kebersihan daerah kewanitaan, dan tes pap smear secara rutin untuk mengantisipasi pertumbuhan sel kanker, termasuk juga mengantisipasi pengaruh pembalut wanita terhadap kanker serviks.

Leave a Reply

Your email address will not be published.