Dunia kerja memang sangat menantang. Tak henti-henti orang berduyun-duyun untuk melamar pekerjaan. Ratusan bahkan ribuan orang melamar ke perusahaan untuk bekerja. Permasalahannya adalah perusahaan hanya menerima beberapa orang untuk menjadi karyawannya. Berikut adalah tips kiat untuk mendapatkan pekerjaan yang kita impikan.

1. Datanglah tepat waktu sesuai dengan sudah ditetapkan oleh perusahaan
2. Bawalah semua surat atau dokumen keterangan yang dibutuhkan (CV, Pengalaman kerja dan sejenisnya)
3. Berlatihlah sebelumnya (cara menjawab, cara duduk dan lain-lain)
4. Cari tahu semua informasi tentang perusahaan yang kita incar.
5. Jawab semua pertanyaan dengan tegas, lugas dan padat. Jangan terlalu banyak bicara karena dengan demikian jawaban akan semakin mengambang.

Demikianlah sekilas tips untuk menghadapi wawancara. Untuk selanjutnya akan dibahas beberapa pertanyaan di waktu wawancara kerja.

Tips untuk Menghadapi Walk In Interview
Para pencari kerja beberapa tahun belakangan ini sangat dimudahkan dalam usahanya mencari lowongan kerja. Hal itu terjadi karna banyaknya media komunikasi yang lebih memudahkan para pencari kerja untuk mencari informasi. Tengok saja para pencari kerja hanya tinggal klik di internet dan berita lowongan kerja pun tersebar, tinggal pilih mana yang cocok dan tunggulah panggilan untuk wawancara kerja. Namun ada yang lebih cepat dari cara diatas yaitu para pencari kerja tinggal datang ke suatu tempat dimana sudah terdapat ratusan perusahaan yang sudah siap untuk merekrut melalui walk in interview. Kelebihan dari walk in interview adalah para pencari kerja tidak usah menunggu datangnya surat panggilan. Para pencari kerja hanya tinggal datang dengan membawa segala surat atau dokumen lengkap yang dibutuhkan, pilih perusahaan yang cocok, interview dan hasilnya terkadang akan diumumkan saat itu juga. Dalam walk in interview, sebagai pencari kerja andalah yang ‘menjemput bola’. Seperti kata pepatah dalam dunia olah raga Vini, Vidi, Vici (Saya datang, saya bertanding dan saya menang).

Orang cerdas adalah orang yang berhasil dalam pekerjaan dan bergaul. Dan orang-orang disekitar kita merasa nyaman bila bergaul dengan kita, tanpa rasa curiga, tanpa prasangka. Lalu apa hubungannya dengan interview? Maksud saya begini, interview adalah jendela pertama kita untuk memasuki dunia kerja sehingga disinilah kesempatan kita untuk memperkenalkan diri kita (jual diri). Yang harus diingat adalah jangan pernah berbohong dalam menghadapi interview. Secerdas apapun kita sekali ketahuan berbohong, kejatuhannya akan sakit. Pendek kata kepribadian adalah soft skill yang sangat penting.