Jakarta, Ada berbagai macam jenis virus yang hidup di sekitar kita, ada yang berbahaya dan tak dapat disembuhkan seperti HIV dan ada juga yang tidak terlalu ganas seperti virus pilek. Virus lebih mudah menyerang ketika pertahanan tubuh lemah dan membuat badan jatuh sakit.

Setelah sembuh dari virus, terkadang badan masih terasa lemah dan efeknya dapat berlangsung lama. Gangguan ini disebut ‘sindrom pasca virus’. Penyebabnya bisa karena jadi virus telah menciptakan kekacauan di dalam tubuh, bisa juga karena tubuh belum sepenuhnya pulih dari serangan virus.

Untuk mempercepat proses pemulihan dari serangan virus, ada 5 hal yang dapat dilakukan seperti dikutip dari Body and Soul, Rabu (2/1/2013):

1. Beristirahat
Beristirahat merupakan poin paling penting untuk mengembalikan fungsi tubuh yang kacau akibat virus. Tapi hal ini bisa jadi sulit karena kesibukan yang sering menyita waktu. Cobalah luangkan waktu sejenak atau ambil cuti kalau perlu. Bisa juga meminta rekan kerja menggantikan tugas sementara waktu.

2. Halau stres
Tubuh bereaksi terhadap infeksi virus sama seperti saat menghadapi stres. Infeksi virus adalah bentuk stres yang memungkinkan tubuh mengeluarkan hormon stres ke dalam tubuh. Ada sekelompok tumbuhan yang dikenal dapat menghalau efek buruk stres. Tumbuhan ini juga dikenal sangat baik untuk memulihkan energi, yaitu ginseng Siberia, licorice, rehmannia, Rhodiola dan kemangi Tulsi.

3. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh
Meskipun virus telah berhasil diusir, sistem kekebalan tubuh belum begitu pulih dan masih bingung sehingga rentan terserang virus berikutnya. Ada beberapa bahan makanan dan suplemen yang dapat digunakan untuk membantu membangun kembali sistem kekebalan tubuh yang lemah, misalnya Echinacea, Astragalus, Vitamin C, Vitamin A dan seng.

4. Selaraskan pikiran dengan tubuh
Infeksi virus juga mempengaruhi hormon dan neurotransmiter yang mempengaruhi suasana hati. Bagi orang yang rentan terhadap perubahan suasana hati dan depresi, mereka ini lebih mudah terserang infeksi virus. Ada herbal yang dapat mendukung perubahan mood seperti wort St John dan Damiana. Bunga Bach juga dapat membantu meringankan depresi serta putus asa. Tanaman Gentian dan Olive baik untuk mengatasi kelelahan.

5. Jangan terburu-buru
Jangan segera melakukan aktifitas berat begitu sembuh dari serangan virus, bahkan aktivitas seperti olahraga. Beri waktu bagi tubuh agar dapat pulih. Berjalan-jalan ringan di bawah sinar matahari atau mengikuti kelas yoga merupakan pilihan olahraga yang paling baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.