Informasi mengenai usia normal mendapatkan haid pertama perlu untuk bunda ketahui, terutama jika bunda memiliki remaja putri yang mulai beranjak remaja. Bagi anak perempuan, mengalami haid pertama tentu merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa karena merupakan salah satu tanda bahwa mereka secara fisik dan seksual sudah matang. Untuk itu peran bunda dalam menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan haid dan pernak-perniknya sangat besar. Diharapkan agar bunda bisa menjadi teman dan sahabat putri bunda sehingga bisa dengan bebas dan rileks berbicara mengenai siklus haid, tanggung jawab yang menyertainya, bagaimana menghadapinya, apa saja yang perlu mereka ketahui dan lain sebagainya.

Rata-rata usia normal mendapatkan haid pertama

Jika kita bertanya berapa umur ideal seorang remaja putri untuk mendapatkan haid pertamanya maka jawabannya adalah kira-kira pada umur 10-16 tahun. Jika seorang remaja putri masih belum mendapat haid pertamanya hingga usia 16 tahun, maka kemungkinan ia menderita kelainan pada siklus haidnya. Berkonsultasi ke dokter adalah cara terbaik untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya dan penyebab dari masalah tersebut.
Ada beberapa hal yang mempengaruhi haid pertama seorang remaja putri, antara lain:

  • Faktor Genetika
  • Faktor Kebudayaan
  • Faktor Ras

Berikut beberapa fakta mengenai haid pertama:

  • Umumnya haid pertama terjadi sekitar 2 hingga 2,5 tahun setelah payudara remaja putri mulai tumbuh
  • Terjadi kira-kira 4 hingga 6 bulan setelah rambut di kemaluan dan bulu ketiak tumbuh
  • Haid pertama biasanya berlangsung selama 2 hingga 7 hari
  • Siklus haidnya sendiri berkisar antara 21 hari hingga 45 hari

Bunda dapat membantu remaja putri bunda untuk membuat semacam bagan siklus sederhana untuk mengetahui jika ada kelainan, masalah yang berhubungan dengan haid atau terjadi perubahan siklus. Cara ini akan membantu mereka mengerti tentang siklus haid yang akan ia jalani sampai ia mendapat menopause nanti.

Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Pada Masa Haid Pertama

Berikan pemahaman kepada putri bunda bahwa pada saat mendapat haid, mereka harus menjaga kebersihan tubuh antara lain dengan cara:

  • Mandi 2x sehari seperti biasa, usahakan tidak menyabuni daerah vagina karena berpotensi menimbulkan iritasi. Vagina memiliki cara alami untuk membersihkan dirinya, jadi cukup bagian luar kemaluan dan rambut kemaluan yang disabun.
  • Ganti pembalut minimal 4x sehari terutama setelah buang air kecil.

Nah, setelah tahu bahwa  usia normal mendapatkan haid pertama adalah sekitar 10-14 tahun, kini bunda bisa menyiapkan sang putri baik secara mental maupun fisik. Selamat mencoba ya bunda

Leave a Reply

Your email address will not be published.