Bagi seorang perempuan yang sedang hamil tua, tentunya menunggu waktunya melahirkan adalah saat yang sangat mendebarkan. Apalagi jika itu adalah kehamilan pertama. Tentunya, pengalaman melahirkan merupakan pengalaman yang cukup menakutkan. Apalagi jika sering mendapat cerita-cerita kurang menyenangkan seputar proses melahirkan. Sebenarnya, seorang perempuan bisa melahirkan secara normal dengan tanpa rasa sakit. Akan tetapi, ada beberapa hal yang sebaiknya dipelajari agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar dan tanpa menimbulkan rasa sakit.

Melahirkan secara normal merupakan proses persalinan yang disarankan oleh dunia kedokteran. Hal itu karenan menandakan bahwa kondisi ibu dan sang bayi dalam keadaan baik. Akan tetapi, seringkali seorang perempuan hamil merasa takut dengan proses persalinan secara normal karena rasa sakit yang akan ditanggungnya. Namun, hal tersebut dapat diatasi jika kita berusaha agar persalinan dapat berjalan normal tanpa menimbulkan rasa sakit. Sebaiknya, kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar proses persalinan kita dibantu dan ditolong sehingga tidak menimbulkan rasa sakit. Selalu berpikiran positif dan yakin bahwa saat persalinan nanti prosesnya akan berjalan lancar dan tidak menimbulkan rasa sakit. Sebaiknya, pada saat menjelang waktu persalinan, sekitar usia  kandungan delapan sampai sembilan bulan, seorang perempuan hamil banyak melakukan jalan kaki.

Untuk mengatasi rasa sakit saat melahirkan juga dapat dilakukan dengan menghilangkan rasa takut. Selanjutnya, pikirkanlah hal-hal menyenangkan seputar memiliki seorang bayi. Selain itu, cobalah ngobrol hal-hal ringan dan hal-hal lucu dengan orang-orang yang ada di sekitar kita pada saat akan melahirkan. Putarlah musik klasik agar kita merasa rileks saat menjelang kelahiran. Selalu ajak komunikasi bayi yang ada dalam kandungan untuk bisa bekerja sama saat proses kelahiran nanti. Ajaklah komunikasi seakan-akan sang bayi itu ada di hadapan kita sambil usap-usap perut kita. Agar otot-otot vagina bisa lebih lentur dan kuat, sebaiknya lakukan gerakan berdiri jongkok pada saat seminggu atau dua minggu sebelum masa kelahiran. Jangan lupa, lakukan teknik pernapasan yang benar sehingga timbul kekuatan saat melahirkan. Jangan angkat panggul saat bayi akan keluar agar bayi mudah keluar. Demikian beberapa tips agar proses melahirkan dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.